SELAMAT DATANG DI WEB RESMI GAMPONG LAMTEH KEC. ULEE KARENG

Artikel

BPBD Banda Aceh membentuk DESTANA Gampong Lamteh

20 September 2021 11:35:19  ISMUADI  111 Kali Dibaca  Berita Lokal

lamteh.desa.id - Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banda Aceh membentuk Desa tangguh bencana (DESTANA) di Gampong Lamteh Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh Senin, 20/09/2021.

Hadir dalam acara tersebut;

  1. Wakil Ketua DPRK Banda Aceh H. Isnaini Husda, SE;
  2. Kalaksa, Sekretaris, dan Para Kabid BPBD Kota Banda Aceh;
  3. Camat, Sekcam dan Staf Kecamatan Ulee Kareng;
  4. Keuchik Gampong Lamteh Beserta Aparatur;
  5. Fasilitator Destana;
  6. Kapolsek Ulee Kareng;
  7. Peserta Pokja Sebagai Calon Anggota F. PRB dan Relawan Gampong.

Desa tangguh bencana (DESTANA) merupakan desa yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

Dalam sambutannya saat membuka acara H. Isnaini Husda, SE, menyampaikan bahwa Bencana bukan hanya urusan kemanusiaan semata. Bencana menyoal urusan investasi pembangunan ke depan. Itulah mengapa, upaya penanggulangan bencana menjadi urusan semua pihak, yakni pemerintah, lembaga nonpemerintah, dunia usaha, dan partisipasi aktif masyarakat seperti yang dimandatkan dalam Undang- Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

"bencana mungkin saja bisa terjadi dimasa depan, kita bisa memprediksinya, kita manusia yang diberi akal wajib berusaha menghindari kemungkinan musibah bencana yang akan menimpa, salah satu dengan membentuk Desa Tangguh Bencana di Gampong. Pada kesempatan ini kami bisa memberi kontribusi untuk masyarakat dalam hal pengurangan risiko bencana dengan membentuk DESTANA di Lamteh" tutupnya.

Keuchik Gampong Lamteh, M. Yusuf Ibrahim, SH menyambut baik kegiatan ini, beliau berterima kasih kepada BPBD Kota Banda Aceh karena telah menunjuk Lamteh sebagai DESTANA ke 14 di Kota Banda Aceh.

"kami menaruh harapan besar kepada peserta pelatihan ini, semoga kegiatan ini dapat diikuiti serius oleh peserta hingga selesai, ini merupakan ilmu yang sangat bermanfaat bagi kita semua, sehingga jika ada bencana di Lamteh Peserta Pokja Sebagai Calon Anggota F. PRB dan Relawan Gampong wajib berdiri digarda terdepan"

Kalaksa BPBD Kota Banda Aceh yang diwakili oleh Kepala Bidang Pencegahan & Kesiapsiagaan Sabri, S.sos selaku panitia pelaksana workshop pembentukan desa tangguh bencana menyampaikan;

"Dalam upaya untuk mewujudkan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memiliki perhatian serius atas upaya-upaya peningkatan kapasitas untuk masyarakat desa/kelurahan. Desa/Kelurahan ialah pemerintah di tingkat paling bawah, dan masyarakatnya adalah pelaku utama dalam upaya penanggulangan bencana, dan sekaligus menjadi kelompok pertama yang menerima dampak bencana. Oleh karena itu, penguatan kapasitas masyarakat di Desa/Kelurahan adalah upaya strategis untuk mewujudkan visi BNPB yaitu “Ketangguhan Bangsa dalam Menghadapi Bencana”. Salah satu programmya yakni Desa/Kelurahan Tangguh Bencana ( Destana). Desa Tangguh Bencana adalah desa yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana, serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan (Peraturan Kepala BNPB Nomor 1 Tahun 2012). Ketangguhan ini bersifat multi-disiplin dan multi-sektoral, khususnya yang memiliki pengaruh langsung terhadap kehidupan masyarakat. Setidaknya setidaknya ada 20 indikator untuk menggambarkan ketangguhan yang terbagi dalam 6 kategori." tegasnya.

Kegiatan pembukaan workshop pembentukan desa tangguh bencana ini diakahiri dengan penyerahan seminarkit kepada peserta dan foto bersama. Kemudian peserta langsung mengikuti pelatihan yang diisi oleh BMKG Aceh.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Gampong

Aparatur Gampong

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Gampong


Kantor Desa
Alamat : Jl. Flamboyan Dusun Blang Karieng
Gampong : Lamteh
Kecamatan : Ulee Kareng
Kota : Banda Aceh
Kodepos : 23118
Telepon :
Email : gp.lamteh@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:77
    Kemarin:100
    Total Pengunjung:47.151
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.237.16.210
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel