SELAMAT DATANG DI WEB RESMI GAMPONG LAMTEH KEC. ULEE KARENG

Artikel

Kepala Puskesmas Ulee Kareng Bekali Relawan PPKM Berbasis Mikro Lamteh

15 Juni 2021 09:53:54  ISMUADI  127 Kali Dibaca  Berita Desa

lamteh.desa.id - Pandemi Covid-19 hingga saat ini belum kenunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Berbagai upaya menekan penyebaran virus terus dilakukan oleh pemerintah dan elemen masyarakat. Salah satunya dengan keberadaan Posko PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) berbasis mikro.

Posko PPKM Gampong Lamteh Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh telah dibentuk sejak dikeluarkan instruksi gubernur Aceh tentang PPKM berbasis mikro sejak 20 Mei 2021 sampai 31 Mei 2021. Sementara perpanjangan berlaku mulai dari 1 Juni 2021 hingga 14 Juni 2021, Senin (15/6/2021).

Posko PPKM Mikro tersebut melibatkan berbagai elemen, baik aparatur desa, tuha peut gampong (TPG), pendamping desa, Koramil 09, Polsek Ulee Kareng dan Puskesmas Ulee Kareng dalam hal ini ditangani langsung oleh bidan desa.

Kepala Puskemas Ibu Malahayati, S.KM., M.PH dalam pertemuan ini menyatakan, posko di tingkat desa atau kelurahan diperlukan sebagai sarana dalam upaya pengendalian pandemi Covid-19 agar lebih tepat sasaran di tingkat mikro.

"Posko sebagai pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian, dan evaluasi kegiatan penanganan Covid-19 dalam skala mikro, dilaksanakan dengan pendekatan kesepakatan, komunitas, gotong royong, kompak, dan adaptif," Ia menjelaskan posko penanganan Covid-19 di tingkat kelurahan memiliki empat aspek penting, yakni pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung.

Kemudian  Malahayati, S.KM., M.PH menambahkan bahwa kegiatan vaksinasi merupakan salah satu upaya kita menjaga imunitas tubuh agar lebih kuat, beliau mengibaratkan "rumah jika di pasangi pagar akan lebih aman dari tindak kriminal, namun bukan tidak mungkin rumah tesebut juga akan di malingi" begitu juga dengan vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah saat ini, setelah faksin bukan tidak mungkin kita terpapar lagi dengan virus covid varian baru, namun tubuh sudah lebih terjaga, tutupnya.

Sekretaris Gampong Lamteh, Muhibuddin, S.H., M.H. menyatakan keberadaan posko berfungsi membantu pemerintah dan masyarakat dalam menekan penyebaran virus. Selain itu berfungsi sebagai edukasi bagi masyarakat. Keberadaan posko Covid-19 sangat berarti dalam memantau perkembangan Covid-19. Disamping sebagai bagian edukasi bagi masyarakat, khususnya dalam protokol kesehatan.

"Kolaborasi semua pihak, baik Babinsa, Babinkamtibmas, Aparatur Desa, Kepala Dusun serta tokoh masyarakat, bahu membahu memaksimalkan keberadaan Posko PPKM Mikro", ujar Ismuadi. M.Si Ketua Tim Bidang Penyebaran Informasi PPKM Berbasis mikro Gampong Lamteh.

"Telah dibentuk tim piket jaga setiap hari. Melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam mengatasi Covid-19 di Gampong Lamteh. Harapannya perkembangan atas Covid-19 dapat diketahui lebih cepat dan lebih cepat langkah yang akan diambil”, tutup Ismuadi yang juga merupakan Kasi Pemerintahan Gampong Lamteh.

Sementara Babinsa dari Koramil 09 Ulee Kareng, Koptu Rizal Yusri Lubis menyatakan, keberadaan posko PPKM Mikro sangat membantu masyarakat. Selain sebagai pusat informasi, edukasi dan turut membantu masyarakat dalam mencari solusi Covid-19. Keberadaan PPKM Mikro sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Pada pertemuan tersebut ikut dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris TPG Gampong Lamteh, Bidan Desa, Pendamping Desa, Ketua Pemuda, Kader Posyandu, Kader PKK, Remaja Masjid  dan Seluruh Aparatur Desa yang terlibat dalam Posko PPKM Berbasis Mikro.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Gampong

Aparatur Gampong

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Gampong


Kantor Desa
Alamat : Jl. Flamboyan Dusun Blang Karieng
Gampong : Lamteh
Kecamatan : Ulee Kareng
Kota : Banda Aceh
Kodepos : 23118
Telepon :
Email : gp.lamteh@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:114
    Kemarin:100
    Total Pengunjung:47.188
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.237.16.210
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel