SELAMAT DATANG DI WEB RESMI GAMPONG LAMTEH KEC. ULEE KARENG

Artikel

Disangka Peminta-minta, Petugas SDGs dikasih Uang Receh

23 April 2021 11:43:01  ISMUADI  335 Kali Dibaca  Berita Desa

Kegiatan Pendataan SDGs yang  dilakukan Sejak 1 Maret 2021 di Gampong Lamteh Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh mengalami beberapa hal yang lucu dan aneh. Hal ini terungkap pada saat rapat evaluasi monitoring petugas enumerator, apartur gampong serta pendamping desa.

Seperti yang di ungkapkan oleh salah satu petugas enumerator Gampong Lamteh Saudari Safrida "beberapa rumah yang kami datangi, sebelum sempat menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan saya, pemilik rumah langsung mengeluarkan uang receh untuk disumbangkan, mereka mengira kami mencari sumbangan di bulan Ramadhan". 

Selain itu, petugas lainnya menyampaikan bahwa ada warga yang tidak mau memberikan data, karena menganggap kegiatan pendataan sudah sering dilakukan dan datanya tidak dapat di gunakan oleh gampong, selain itu mereka beralasan bahwa pendataan ini buang-buang waktu saja, serta masih banyak lagi kejadian-kejadian aneh yang terjadi dilapangan yang sulit dijelaskan didalam berita lokal ini.

Melihat beberepa fenomena yang terjadi pada saat pendataan SDGs di Gampong Lamteh, Keuchik Gampong Lamteh M. Yusuf Ibrahim, SH berharap supaya kegiatan ini di berikan edukasi dan informasi kepada masyarakat secara terstruktur, supaya tidak ada penolakan dan salah paham saat petugas pendataan datang kerumah warga.

Namun demikian karena kegiatan ini sudah berjalan hampir satu bulan maka Keuchik Lamteh berinisiatif menyampaikan informasi pendataan SDGs ini melalui mikrofon masjid setiap malam sebelum shalat taraweh, selain itu keuchik lamteh membekali petugas dengan kartu identitas dan surat tugas, sehingga masyarakat percaya dan yakin bahwa kegiatan ini resmi dari pemerintah.

Terakhir Keuchik berharap "Kepada seluruh Warga Gampong Lamteh dimintak kerjasamanya untuk dapat memberikan data sesuai yang diperlukan oleh petugas SDGs, dan tidak mempersulit petugas yang datang kerumah saat pendataan. Namun tetap memperhatikan kartu pengenal dan surat tugas yang diberikan keuchik kepada para petugas tersebut."

Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030. 

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Gampong

Aparatur Gampong

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Gampong


Kantor Desa
Alamat : Jl. Flamboyan Dusun Blang Karieng
Gampong : Lamteh
Kecamatan : Ulee Kareng
Kota : Banda Aceh
Kodepos : 23118
Telepon :
Email : gp.lamteh@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:113
    Kemarin:100
    Total Pengunjung:47.187
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.237.16.210
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel