SELAMAT DATANG DI WEB RESMI GAMPONG LAMTEH KEC. ULEE KARENG

Artikel

Lamteh Latih 20 Relawan SDGs

13 April 2021 11:37:55  ISMUADI  257 Kali Dibaca  Berita Desa

Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030. 

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya. TPB/SDGs merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat mencakup 17 tujuan yaitu (1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; (5) Kesetaraan Gender; (6) Air Bersih dan Sanitasi Layak; (7) Energi Bersih dan Terjangkau; (8) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur; (10) Berkurangnya Kesenjangan; (11) Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan; (12) Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; (13) Penanganan Perubahan Iklim; (14) Ekosistem Lautan; (15) Ekosistem Daratan; (16) Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; (17) Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Lamteh sebagai salah satu desa yang berada dalam wilayah Kec. Ulee Kareng Kota Banda Aceh, memiliki kurang lebih 800 KK sehingga memerlukan 20 relawan untuk melakukan pendataaan dan pengimputan data warga. Dalam pelatihan tersebut diisi oleh pendamping desa saudara Aldi Satria, SE.

Didampingi Kasi Pemerintahan Ismuadi, M.SI, Saudara Aldi Satria, SE menyampaikan, dalam melakukan pendataan

  1. Tidak boleh hanya sekali mengunjungi keluarga atau warga yang wawancaranya belum lengkap dan benar, atau responden sulit ditemui
  2. Tidak boleh memilih waktu sembarangan dan ceroboh untuk kunjungan ulang. Pilih waktu terbaik saat responden dapat ditemui dan diwawancarai.
  3. Tidak boleh mengisi sendiri aplikasi Pendataan SDGs Desa dengan dugaan, atau perkiraan, atau pengetahuan enumerator. Seluruh pertanyaan pada kuesioner (kecuali ada perintah untuk pengamatan) harus ditanyakan kepada responden.
  4. Tidak boleh menyebutkan sebagian saja dari kuesioner, karena dapat mengakibatkan jawaban tidak lengkap

Selain itu Keuchik Gampong Lamteh M. Yusuf Ibrahim , SH Melalui Kasi Pemerintahan Ismuadi, M.Si menyampaikan bahwa "Sesuai dengan Permendesa Nomor 21/2020, seluruh proses pendataan SDGs Desa didanai oleh Dana Desa, dan dapat diperluas dengan sumber-sumber pendanaan yang sah, untuk itu saya berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan benar dan tepat sasaran, sehingga data yang dihasilkan menggambarkan kondisi Gampong sebenarnya" selain itu Keuchik juga menyampaiakan kepada Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi supaya data ini nantinya bisa digunakan oleh desa dan bisa dimanfaatkan oleh pemerintahan desa, sehingga datanya bisa di update setiap saat dan bisa dipergunakan oleh masyarakat Gampong Lamteh, tutupnya.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Gampong

Aparatur Gampong

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Gampong


Kantor Desa
Alamat : Jl. Flamboyan Dusun Blang Karieng
Gampong : Lamteh
Kecamatan : Ulee Kareng
Kota : Banda Aceh
Kodepos : 23118
Telepon :
Email : gp.lamteh@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:109
    Kemarin:84
    Total Pengunjung:50.534
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.144.55.253
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel