SELAMAT DATANG DI WEB RESMI GAMPONG LAMTEH KEC. ULEE KARENG

Artikel

Sejarah Gampong Lamteh

26 Agustus 2016 15:38:09  ISMUADI  1.496 Kali Dibaca 

Pada tahun 1940-an, Gampong Lamteh yang dipimpin oleh Keuchik Raden Ismail adalah salah satu gampong dalam wilayah Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar, dimana mata pencarian sebagian besar penduduk adalah di bidang pertanian dan perkebunan, hanya sebagian kecil yang bergelut di bidang jasa perdagangan dan lainnya. Taraf kehidupan masyarakat pada saat itu masih sangat rendah dikarenakan oleh rendahnya tingkat pendidikan masyarakat.

Sejak tahun 1984, pada saat Keuchik Hamdan Yunus, Lamteh menjadi bagian dari Kota Banda Aceh dan termasuk dalam salah satu gampong dalam wilayah Kecamatan Syiah Kuala. Sejak saat itu mulai terlihat perubahan kehidupan masyarakat dalam berbagai aspek, mulai dari perkembangan jumlah penduduk, menggeliatnya kehidupan perekonomian sampai kepada peningkatan taraf kehidupan masyarakat.

Dengan diberlakukan Otonomi Daerah, maka pada tahun 2000 Lamteh menjadi bagian dari Kecamatan Ulee Kareng yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Syiah Kuala. Hadirnya pertokoan di sepanjang jalan T. Iskandar Gampong Lamteh menambah semarak kehidupan perekonomian masyarakat diiringi dengan perkembangan perumahan menambah warna tersendiri bagi Gampong Lamteh. Namun akibat konflik yang terjadi di seluruh wilayah Aceh membuat redupnya aktifitas masyarakat dalam segala aspek kehidupan.
Musibah Tsunami yang terjadi tanggal 24 Desember 2004 yang meluluhlantakkan kota Banda Aceh membawa berkah tersendiri bagi masyarakat dan Gampong Lamteh. Hal tersebut merupakan rahmad Allah SWT yang diberikan kepada Gampong Lamteh atas keikhlasan masyarakatnya menampung korban tsunami pada semua rumah penduduk Gampong Lamteh.

Seiring dengan penataan kembali kota Banda Aceh pasca tsunami, masyarakat Gampong Lamteh ikut memberikan andil dan kontribusinya dengan merelakan tanah dan tempat tinggal mereka dibebaskan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh untuk pembangunan penerusan Jl. T.P. Nyak Makam yang kini menjadi Jl. Prof. Ali Hasyimi Walaupun kondisi saat ini Gampong Lamteh terbelah oleh Jl. Prof. Ali Hasyimi, namun masyarakat sangat bersyukur karena menggeliatnya perekonomian di Gampong Lamteh dan terbukanya akses jalan yang memperpendek jarak tempuh ke berbagai kawasan lain termasuk ke wilayah Kabupaten Aceh Besar.

Dinamika kehidupan masyarakat sangat beragam meliputi kegiatan perekonomian dan lapangan kerja seperti pedagang, pegawai negri sipil, dan pengusaha. Berkembangnya ekonomi Kota Banda Aceh bermanfaat langsung bagi kehidupan ekonomi masyarakat Lamteh Ulee Kareng, secara umum dilihat dari banyaknya toko-toko yang berdiri terutama di kawasan jalan T. Iskandar serta ekonomi lokal di dalam gampong sendiri seperti warung kelontong, industri rumah tangga, warung kopi, bengkel, serta beberapa usaha lainnya. Belum lagi dengan adanya jalan yang baru diselesaikan, dengan itu akan ada lebih banyak lagi toko-toko yang akan berdiri di pinggiran jalan Jl. Prof. Ali Hasyimi.

Kepala Pemerintahan Gampong Lamteh dari tahun 1940 s.d 2019 dipimpin oleh 8 orang Keuchik atau Kepala Desa, beserta perangkatnya. Berikut adalah Keuchik/Kades yang pernah menjabat di wilayah pemerintahan Gampong Lamteh;

  1. Tahun 1943 – 1968 Gampong Lamteh di Pimpin oleh Keuchik Raden Ismail, yang didampingi oleh sekdes Usman Puteh dan ketua pemudanya Waki Harun.
  2. Tahun 1968 – 1981 di pimpin oleh Keuchik A. Jalil Affan didampingi oleh Sekdes Abubakar Husin-,
  3. Tahun 1981 – 1986 Keuchik dijabat oleh M. Daud Ishaq, di dampingi sekdes Zakaria Puteh dan ketua pemuda Hamdan Yunus
  4. Tahun 1986 – 1991Keuchik dijabat oleh Hamdan Yunus di dampingi sekdes H. Yahya Harun dan keetua pemuda Syarbini. THM.
  5. Tahun 1991 – 2002 Keuchiknya adalah M. Husen Affan di dampingi Sekdes M. Zaini Kaoy dan ketua Pemuda H. T. Faisalsyah.
  6. Tahun 2002 – 2007 Keuchik dijabat oleh M. Yusuf Ibrahim, SH, menunjuk Isnaini Husda, SE sebagai Sekdes dan Ketua Pemuda Hamdan Yunus.
  7. Tahun 2007 – 2013 Keuchik dijabat oleh H. Isnaini Husda, SE, menunjuk Muhibuddin, SH sebagai Sekdes dan ketua pemuda Teuku Ruslan.
  8. Tahun 2013 - 2019 Keuchik dijabat oleh Iskandar,  Muhibuddin, SH sebagai sekdes dan Nasruddin Ketua Pemuda
  9. Tahun 2019 - 2025 Keuchik dijabat oleh M. Yusuf Irahim, SH, Sekdkes Muhibuddin, SH, MH dan Ketua Pemuda Teuku Ruslan

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Gampong

Aparatur Gampong

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Gampong


Kantor Desa
Alamat : Jl. Flamboyan Dusun Blang Karieng
Gampong : Lamteh
Kecamatan : Ulee Kareng
Kota : Banda Aceh
Kodepos : 23118
Telepon :
Email : gp.lamteh@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:118
    Kemarin:100
    Total Pengunjung:47.192
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.237.16.210
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel